Menurut Fatwa Ulama usia yang afdhal untuk mulai mengajarkan adalah pada usia 3 tahun. Karena pada usia tersebut akal mulai berkembang dan pikiran masih bersih murni. Pada usia itu anak-anak sangat suka dengan kisah-kisah dan masih sering meniru apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Surat-surat dalam Al Quran pun sebagian besar adalah kisah-kisah para Nabi dan orang-orang sholeh.

Sebagian kaum muslimin terutama orang tua banyak yang telah mencoba mendekatkan anak-anak mereka dengan Al Quran di bawah usia 3 tahun. Mereka membacakan Al Quran kepada anak-anak mereka ketika usia di bawah 3 tahun. Sebagian yang lain bahkan membacakan Al Quran ketika anak mereka masih di kandungan. 

Upaya orang tua dalam mempersiapkan anak-anak mereka agar dekat dengan Al Quran memang beragam. Terlepas dari itu semua kita sebagai orang tua tidak boleh keluar dari bingkat syariat dan sunnah dalam upaya mendekatakan buah hati kita denan Al Quran. Dan tidak kalah penting adalah bagaimana kita selaku orang tua lebih dahulu mencontohkana agar dekat dengan Al Quran. 

Mengajarkan Al Qur’an kepada anak sejak kecil membuahkan banyak kebaikan dan pahala. Hendaknya para orang tua bersemangat mengajarkan anak mereka sejak dari kecil, semoga dari itu semua mereka mendapatkan pahala yang besar insya Allah. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خيرُكم من تعلَّم القُرآن وعلَّمه

Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya” (Muttafaqun ‘alaihi)

Wallahu’alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *